Para Developer Rockstar Akhirnya Buka Suara Soal Isu 100 Jam Kerja Seminggu

Red Dead Redemption 2 10

Red Dead Redemption 2 merupakan maha karya besutan Rockstar, namun saat menghitung mundur perilisan di minggu ini ada aroma kontroversi yang menyelimuti. Dalam sebuah interview, co-founder Dan Houser nampaknya menyiratkan adanya krisis yang terjadi dengan waktu kerja selama 100 jam/minggu. Houser kemudian melakukan klarifikasi, ujarannya tersebut mengacu pada anggota senior yang terlatih dan tim pembuat naskah, termasuk dirinya. Namun untuk menghilangkan kesalahpahaman tersebut, Rockstar kemudian mengambil jalan dengan meminta para karyawannya ikut buka suara.

Baca juga: Adegan Terakhir Avengers: Infinity War Ternyata Menyimpan Easter Egg!

Tools programmer, Vivianne Langdon mengatakan dengan lantang di Twitter tentang pengalaman pribadinya. DIa mengatakan tak pernah bekerja lebih dari 50 jam dalam seminggu, lemburan merupakan pilihannya ketika dia masuk “ke dalam zona fokus” untuk menyelesaikan masalah rumit, dan dia pun mendapatkan kompensasi atas lemburnya. Dia menekankan ia tak mendapatkan kompensasi apapun untuk membuat pernyataan ini, dan juga mengatakan pengalamannya tak sepenuhnya sama dengan karyawan lain.

Karyawan lainnya, interior artist Miriam Bellard, me-retweet beberapa karyawan yang mengatakan jika mereka tak merasa dipaksa lembur, dan mengungkapkan frustasinya terhadap kontroversi ini.

Baca juga:  Project xCloud: Main Red Dead Redemption 2 dan Game Terbaru Lainnya Melalui Smartphone-mu!

Tanggapan para karyawan Rockstar

Beberapa karyawan mengungkapkan Rockstar pernah memiliki masa-masa sulit di masa lalu. Namun studio tersebut membuat langkah nyata dalam beberapa tahun terakhir untuk mengurangi dampak dari jam lembur yang panjang.

Dan yang lain mengatakan mereka didorong untuk ikut berbicara secara terbuka dan jujur.

Secara keseluruhan, impresi yang diberikan oleh para karyawan Rockstar di media sosial soal paksaan kerja lembur. Banyak orang yang melihat dari sisi yang berbeda atas ucapan Houser tentang 100 jam lembur/minggu. Di lain cerita, para karyawan kurang yakin atas klarifikasi yang mereka berikan di media sosial, terlepas dari dorongan Rockstar untuk terbuka dan jujur.

Baca juga:  Sandy Lee, Satu-satunya Seniman asal Indonesia yang Mengikuti Papershrine Exhibition

Hal ini muncul bersamaan peluncuran trailer resmi, dan sebentar lagi kamu bisa melakukan pre-load game melalui PlayStation dan Xbox digital stores, eits, PC tunggu di Youtube yak. Red Dead Redemption 2 akan meluncur di PlayStation 4 dan Xbox One pada 26 Oktober. Mode online-nya, Red Dead Online, akan menyusul di November.