Main Black Desert Online di Steam Tidak Perlu Pakai VPN!

Black Desert tanpa VPN

Kalian para penggemar game MMORPG pasti pernah dengar game yang bernama Black Desert. Diantara dari kalian bahkan membeli VPN atau bypass sejenis hanya untuk dapat bermain game ini di region Jepang/Eropa/Amerika Utara, ya kan? Game dengan polesan sedikit nakal ini hadir di Steam dengan harga yang cukup murah, kebetulan LeJen mendapatkan game ini dengan harga 80 ribu dari salah satu seller game di facebook, katanya sedang diskon sih.

Baca juga: Screenshot Terbaru Assassin’s Creed Origins dan Karakter Utamanya

Bagi kamu yang tidak mengetahui game ini, Black Desert Online merupakan game MMORPG yang berasal dari Korea dimana saat ini menjadi MMORPG paling populer di dunia. Hal ini dikarenakan Daum Games merilis Black Desert Online dengan grafik yang jauh diatas rata-rata MMORPG lainnya.

Walaupun Black Desert Online memberlakukan pemblokiran pada store page Steam-nya, ternyata game ini masih dapat dimainkan tanpa perlu menggunakan VPN atau mengutak atik region steam kita loh! Gak percaya? Sini cek screenshot-nya, LeJen praktekin sendiri:

Download Black Desert di Steam

Tak ada yang salah saat melakukan unduhan. Setelah mengunduh base file sebesar 48 GB, Game ini kemudian melanjutkan update terbaru sebesar 783 MB tanpa kendala. Curhat pribadi, butuh waktu satu hari lebih untuk selesein unduhan ini karena faktor FUP Indihome yang diluar ambang batas :'(.

Baca juga:  Bundle Stars mengganti nama menjadi Fanatical

Registrasi Black Desert

Setelah meng-install Black Desert, kita kemudian dihadapkan dengan form registrasi. Ingat, bagi kalian yang pernah main game ini di server Eropa/Amerika Utara. Kalian tetap harus mendaftar dan melakukan petualangan baru walaupun game ini berada di satu server yang sama “KakaoGames”. Pilihan yang sulit? Yang sabar, ini ujian.

Pilih server Black Desert yang cocok untuk wilayah Indonesia

Untuk pemilihan server, LeJen memilih North America (Amerika Utara), karena server yang tergolong ramah lingkungan bagi pengguna di wilayah Asia. Selama 4 jam bermain, tidak ada kendala seperti Lagging, Stuttering, dsb. Kalian juga masih bisa mengganti server untuk kesesuaian ping kalian karena sifatnya tidak permanen.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kamu bisa lihat beberapa tangkapan layar dari gameplay Black Desert Online yang sedang LeJen mainkan. Setiap quest ada selipan adegan cinematic yang membuat kita gak bosen – bosen memainkannya. Kamu bisa menunggangi kuda, keledai, naga (ini LeJen belum tau :v) dan bisa bertani, memancing, dll. Untuk summoned momon (monster areal) sangat melimpah, bahkan kamu bisa di keroyok habis – habisan. Player lain pun lumayan banyak, dan para NPC yang ikut meramaikan setiap area jalan setapak dan tiap kota maupun desa.

Baca juga:  Isu Kabar Prekuel Life is Strange Muncul, dan Bukan Berasal Dari Dontnod

Nah bagi kalian yang terangsang untuk ikut bermain game ini, kamu bisa membelinya di seller-seller game di facebook yang terpercaya. Karena, jika kamu niat ingin membeli sendiri, LeJen jamin akan cukup merepotkan.

Info Black Desert Online Steam version:

  • Bagi kamu yang memiliki akun Kakaogames dan pernah memainkannya, mau tidak mau, kamu harus mendaftar ulang jika membeli Black Desert Online di Steam.
  • Untuk memainkan game ini tidak perlu menggunakan VPN, sama halnya dengan kejadian Tree of Savior yang hanya memberlakukan penguncian region untuk store page-nya. namun game-nya masih bisa di mainkan di region manapun tanpa perlu sibuk mengaktifkan VPN.