Install Black Desert Online SEA Selalu Error? Begini Cara Mengatasinya!

178
Tutorial Install Black Desert Online

Hello Adventures, kamu yang menemukan artikel ini pasti sedang kesusahan melakukan install Black Desert Online region SEA ya? Untuk client dan update game ini cukup memiliki berbagai macam bug dan error saat melakukan instalasi. Dan penjelasan di berbagai forum cukup ambigu dan ujung-ujungnya tidak memberikan jalan keluar.

Baca juga: Main Black Desert Online di Steam Tidak Perlu Pakai VPN!

Tenang, gak omong kosong kok, LeJen mengalaminya sendiri saat menginstal Black Desert versi SEA. Neraka 1%, LeJen sendiri sudah mencari berbagai informasi melalui forum, mengontak Fan Page resmi mereka di Facebook, hingga melayangkan ticket CS. Namun semua hasilnya nihil, hingga akihrnya melintas di pikiran soal Indihumu. Yap, Indihumu lah biang kerok dibalik LeJen menghabiskan waktu libur mencari cara instalasi Black Desert SEA.

Permasalahannya ada pada DNS Indihumu yang kemungkinan memblokir proses instalasi. Dan salah satu cara mengakalinya dengan menggunakan VPN. Bagi kamu yang awam dengan VPN kamu bisa mengikuti tutorial berikut:

Tutorial Memasang VPN di Windows 10

  1. Dalam kasus ini, LeJen menggunakan jasa VPNJantit, berikut tampilannya
    BDOSEA Install 1
  2. Arahkan kursor kamu ke Free VPN kemudian klik PPTP. Tak usah cari negara lain, cukup gunakan Server Indonesia, kemudian “Select Server” maka tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini, perhatikan teks yang saya blok warna biru ya.
    BDOSEA Install 2
  3. Buka “Network and Internet Settings” cari menu “VPN” kemudian “Add a VPN Connection”.
    BDOSEA Install 3
  4. Isi kolom sesuai hasil arahan no 2. Kemudian Save dan Connect. VPN siap di pakai.
  5. Buka launcher BlackDesert SEA dan wuss, Instalasi naik dari Neraka 1%.

BDOSEA Hasil

Gimana, mudah kan? Kemungkinan di dalam in-game perlu tidaknya memakai VPN LeJen masih belum coba. Karena masih dalam tahap download, jadi artikel ini akan di update setelah LeJen memainkannya yak.

Bagi kamu juga yang ingin memiliki Standalone/manual Install bisa mengikuti panduan Fresh Install di halaman selanjutnya.