Cara Rahasia Membuat Smartphone Android Terasa Lebih Cepat

Smartphone Android saat ini jauh lebih cepat dan lebih mulus daripada smartphone beberapa tahun yang lalu. Tentu saja, kecepatan pada smartphone sama seperti daya tahan baterai: tidak akan pernah terasa cukup.

Teknologi telah berkembang pesat sehingga beberapa ponsel andalan Android baru-baru ini ditemukan menjadi lebih cepat daripada model iPhone generasi saat ini yang menjalankan iOS 11.

Hal itu benar adanya, Samsung Galaxy S9 dan OnePlus 6 keduanya benar-benar berhasil mengalahkan iPhone X dalam real-life speed tests di YouTube.

Ponsel seperti OnePlus 6, flagships terbaru Samsung, LG G7 ThinQ, dan HTC U12+ baru semuanya luar biasa cepat.

Walaupun kalian merasa smartphone kalian sudah cukup cepat sejak pertama membelinya, namun ternyata ada cara rahasia yang bisa kalian coba untuk membuat smartphone kalian terasa lebih cepat.

Cara kerjanya adalah setiap kali kalian membuka aplikasi, menutup aplikasi, beralih antar-aplikasi, dan sebagainya, ponsel kalian menampilkan animasi transisi dari satu layar ke layar berikutnya.

Di sini kami akan memperpendek jeda tiap transisi yang ada, jadi kalian akan merasakan perpindahan antar aplikasi terjadi lebih cepat.

Developer Options

Di dalam setiap ponsel Android terdapat menu rahasia bernama “Opsi pengembang/Developer Options” yang dipenuhi dengan berbagai opsi lanjutan.

Ada trik sederhana untuk mengaktifkan bagian khusus dari aplikasi Settings ini, dan berikut cara melakukannya:

  1. Buka Settings
  2. Jika smartphone kalian menjalankan Android 8.0+, tap Sistem (lewati langkah ini jika kalian menggunakan versi Android yang lebih lawas)
  3. Scroll ke bawah dan tap About Phone
  4. Scroll ke bawah lagi dan tap Build Number 7 kali secara berurutan

Catatan penting: jika kalian bukan pengguna yang cerdas, kami menyarankan kalian untuk tidak mengubah pengaturan di bagian ini selain dari yang akan kami tunjukkan.

Cara Mempercepat

 

Setelah Anda mengaktifkan bagian Opsi pengembang/Developer Options, buka dan scroll ke bawah hingga kalian melihat tiga pengaturan berikut:

  • Window animation scale
  • Transition animation scale
  • Animator animation scale

Kalian akan melihat “1x” di samping setiap setelan tersebut secara default, dan itulah yang akan kami sesuaikan untuk mempercepat smartphone kalian.

Cukup tap pada ketiga pengaturan tersebut dan ubah “1x” menjadi “0.5x,” lalu keluar dari bagian Opsi pengembang/Developer Options.

Jika kalian memiliki ponsel Android yang lebih tua yang mulai terasa agak lamban, menyesuaikan pengaturan ini akan membantu membuat ponsel kalian terasa seperti baru lagi.

Jika kalian memiliki model Android yang lebih baru yang sudah terasa cepat, ini akan membuatnya lebih cepat.