7 Langkah Mudah Membuat Baterai Laptop Lebih Tahan Lama

Laptop-laptop baru saat ini memiliki kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya dan berkat kemajuan dalam teknologi seluler, laptop saat ini juga lebih efisien yang berarti memiliki masa pakai baterai laptop yang lebih lama.

Namun, tetap saja masa pakai baterai laptop saat ini masih belum bisa memuaskan bagi semua orang. Oleh karena itu, ini dia 10 cara mudah untuk membuat masa pakai baterai laptop menjadi lebih lama.

1Redupkan layar

Layar adalah salah satu bagian laptop yang paling rakus dalam menggunakan baterai. Dibutuhkan sejumlah besar daya baterai laptop untuk menjaga tampilan laptop kalian tampak jelas dan cerah.

Tombol kecerahan layar biasanya ditempatkan sebagai fungsi kedua dari salah satu tombol F, dan diwakili oleh simbol matahari kecil dengan ikon atas dan bawah. Untuk menggunakannya, cukup tahan tombol fungsi(fn) yang benar lalu pilih atas atau bawah.

2Ubah pengaturan daya

Windows 10 hadir dengan beberapa fitur daya yang memungkinkan kalian untuk mendapatkan performa terbaik saat laptop dicolokkan ke listrik dan mengoptimalkan masa pakai baterai saat beraktivitas.

Ketik power options pada kotak Pencarian dan pilih power saver. Windows 10 juga memiliki lebih banyak metode untuk menghemat masa pakai baterai laptop. Ini termasuk pengaturan untuk mematikan monitor dan masuk mode sleep lebih cepat.

3Matikan Wi-Fi

Rata-rata laptop pasti memiliki tombol untuk memetikan adaptor nirkabel secara manual untuk menghemat baterai laptop, tetapi laptop yang lebih tua sering tidak memiliki fungsi ini.

4Matikan periferal

Menggunakan periferal USB dapat menguras baterai laptop. USB stick, mouse, keyboard eksternal dan webcam adalah contoh periferal umum yang biasa dipakai.

5Keluarkan drive disk

Memiliki disk yang berputar di drive adalah sumber daya yang sangat besar, dan banyak program yang terus-menerus melakukan hal ini.

Sebagian besar laptop modern tidak dilengkapi dengan disk drive, tetapi jika kalian memilikinya, ada baiknya kalian selalu memastikannya dalam keadaan kosong untuk menghemat baterai.

6Nonaktifkan fitur

Windows 10 memiliki beberapa fitur built-in yang berguna, tetapi banyak yang tidak diperlukan.

7Perawatan baterai

Jagalah baterai laptop kalian agar tetap tahan lama dan jangan lupa untuk melakukan kalibrasi baterai secara rutin.