NASA Meminta Kita Untuk Memotret Awan, Ada Apa?

NASA meminta kita untuk memotret awan. Pekan ini NASA mengumumkan bahwa pihaknya sedang mencari beberapa warga yang bersedia untuk membantu sebuah proyek yang sedang mereka lakukan.

Enam instrumen yang mengorbit membentuk proyek Clouds dan Earth’s Radiant Energy System (CERES) dan mereka terbiasa mempelajari iklim bumi dan peran awan dalam perubahan iklim. Tapi terkadang sulit bagi instrumen ini untuk membedakan awan dari hal-hal duniawi lainnya.

Misalnya, NASA mengatakan bahwa awan cirrus tipis dan salju bisa menjadi objek yang mirip dan membingungkan karena keduanya bersuhu dingin dan sangat cerah. Diferensiasi menjadi semakin sulit saat awan-awan ini berada tepat di atas permukaan salju.

Warga Memotret Awan

NASA mencari orang untuk memotret awan di langit dan mengunggah gambarnya melalui sebuah aplikasi. Jika foto yang kalian ambil bertepatan dengan adanya satelit CERES yang melintas, NASA akan lebih mudah untuk membandingkan gambar yang diambil dari instrumen dengan gambar yang diambil dari orang-orang di bumi dan memastikan apa yang dicatat atau terlihat oleh satelitnya.

“Melihat gambar dari para warga atau pengamat dan melihat pada pengamatan daerah mereka, sangat membantu kita untuk lebih memahami gambar dari satelit kami,” Marilé Colón Robles, yang memimpin tim cloud GLOBE di NASA, mengatakan hal itu dalam sebuah pernyataan.

Kalian juga dapat mengirimkan hingga 10 foto per hari sejak hari ini sampai tanggal 15 April 2018 melalui aplikasi GLOBE Observer. Momen ini adalah saat yang sangat penting bagi proyek karena akhir-akhir ini musim sangat cepat berubah, yang berarti awan juga sangat cepat berubah. Kalian bisa mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara mengambil bagian dalam proyek ini dan bagaimana cara agar kalian tahu bahwa foto yang kalian ambil bersamaan dengan satelit yang lewat di atas kalian.

Jika kalian berhasil memotret gambar dalam jangka waktu yang sama dengan satelit CERES milik NASA, NASA akan mengirimkan email dalam waktu satu minggu setelah pengiriman foto kalian yang menunjukkan gambar kalian dan gambar dari satelit.