Facebook dan Instagram Down! Warganet Berbondong ke Twitter

Facebook dan Instagram Down

Facebook dan Instagram, dua jejaring sosial terbesar di dunia, akhirnya bisa offline juga, tampaknya kejadian ini yang terparah yang pernah mereka alami.

Kedua layanan ini sepertinya mengalami isu pada jam 11:00 Waktu Indonesia Barat, menurut sebuah situs terpercaya DownDetector, yang mendeteksi pemadaman jaringan utama link facebook.

Grafik Jaringan Facebook

Facebook Down Parameter

Sama halnya dengan Facebook, Instagram juga mengalami hal yang serupa. Bisa di bilang kedua layanan ini memiliki source network/server yang sama.

Bukan hanya di Asia tenggara, Selatan Inggris dan Amerika Selatan mendapatkan dampak yang lebih buruk, dan beberapa laporan pemadaman layanan ini juga terjadi di Amerika Serikat dan Belahan Eropa.

Peta Gangguan Facebook dan Instagram

Nampaknya, kejadian ini menjadi trending di jejaring sosial sebelah, Twitter. #FacebookDown menjadi trending topik teratas hanya dalam beberapa menit.
Trending Topic

Masih belum jelas penyebab pemadaman jaringan Facebook, namun bukan sebuah kebetulan. Alasannya karena kedua jejaring sosial ini dimiliki oleh perusahaan yang sama.

Untuk sekarang, setelah 30 menit, (11:30 WIB) Facebook akhirnya bisa di akses kembali. Kejadian ini sepertinya kali ketiga dalam minggu ini. Setelah layanan jaringan EE terkena dampak pemadaman kemarin, dan Snapchat yang harus offline pada Selasa lalu.

Jangan terlalu berharap, belum ada tanda-tanda klaim dari para hacker tentang pemadaman situs jejaring sosial terbesar di dunia ini.