Layanan gift terbaru yang dijuluki Steam Digital Gift Card telah tersedia di Steam. Seperti namanya, sederhananya fitur ini merupakan campuran dari steam gift card fisik dan sistem gift yang telah ada. Jadi kamu bisa memberikan dana ke friend list kamu dan gak perlu kode kode redeem.

Untuk mengirimnya, kamu perlu log in ke akun kamu dan menuju halaman Digital Gift Cards. Kemudian pilih berapa dana yang mau kamu kirimkan, mulai dari 45,000 hingga 900,000, dan pilih penerima. Kamu bisa menambahkan pesan, pilih metode pembayaran, dan kirim.

Digital Gift Card

Pembayaran Digital Gift Card

Gift card ini dapat digunakan untuk membeli apapun di Steam, termasuk game, microtransaction item, hardware, dan barang-barang di Community Market. Valve mengatakan fitur terbaru ini tidak akan menggantikan sistem gift yang sudah ada, namun lebih kepada alasan untuk menggunakan fitur ini jika kamu bingung apa yang teman kamu inginkan, ya sederhananya sama dengan gift card yang sudah ada.

Beberapa catatan: Digital gift card hanya tersedia dalam beberapa nilai, dan pembelian akan di konversi ari mata uang pengirim ke mata uang penerima. Jadi jika Paman Sam mengirim $5 gift card, Otong akan mendapatkan sekitar IDR 68,000. Menang banyak nih si Otong.

Kamu hanya dapat mengirim digital gift card kepada teman yang masuk friend list minimal selama 3 hari, dan sayangnya kamu tidak bisa menggunakan dana Steam Wallet untuk melakukan pembayaran. Opsi pembayaran digital gift card hanya tersedia untuk Paypal, Kartu Kredit, eClub Point dan Bitcoin. Dan jika dalam alasan tertentu, seseorang yang kamu kirim tidak menginginkannya, pembelian akan di refund. Yep, inilah alasan fitur tersebut tidak cocok di Indonesia, secara opsi pembayarannya tidak di miliki sebagian besar kalangan gamer Indonesia yang memanjatkan dirinya pada suntik wallet dan seller game lokal (termasuk saya hehe). Namun harganya 1 : 1 loh, kalau ada opsi transfer bank atau indomaret mungkin gas ya kan.

SHARE