10 Game Indie Terbaik Sepanjang Masa Part 1

Game Indie
Game Indie

Dalam membuat game, seseorang membutuhkan upaya dan ketekunan yang besar. Penyelesaian dalam pembuatan game akan terlihat lebih mengesankan jika dikerjakan oleh orang – orang yang memiliki budget tipis namun punya mimpi yang kuat. Meski banyak rintangan yang menghadang, kita telah sampai ke era dimana development sebuah game merupakan suatu yang diagungkan selama beberapa tahun. Ini dia 10 Game Indie Terbaik Sepanjang Masa Part 1.

Baca juga: Bosan? 5 Game Tycoon Terbaik ini Bisa Menemanimu di 2017

Sedikit sejarah tentang pembahasan ini. Tujuan LeJen adalah menjabarkan game yang dikategorikan “indie” merupakan game yang dibuat oleh grup kecil tanpa ada dana dari publisher. Nah mari kita mulai.

10 Game Indie Terbaik Sepanjang Masa Part 1

1. Minecraft

Minecraft
Sumber: minecraft
  • Port: PlayStation 4, Xbox One, PC, Mac iOS
  • Tahun rilis: 2009

Hanya ada satu game indie yang mendapatkan kejayaan hingga sekarang. Ya, Minecraft, karena game ini membuatmu bisa melakukan apapun, dari bertarung dengan creepers untuk bertahan hidup, hingga membuat replika wajah – wajah meme yang kamu idam idamkan. Walaupun sekarang Minecraft telah dimiliki suatu perusahaan, melalui Mojang yang kemudian dibeli oleh Microsoft, sejarah perjalanan proyek ini (dari seonggoh manusia NEET yang selalu berdiam di kamar hinggam menjadi fenomena dikalangan gamer) merupakan salah satu kekuatan dari ide orisinil yang kemudian menjadi inspirasi dari kalangan developer indie lainnya.

Minecraft telah melalui banyak penghargaan yang fantastis, bukan hanya sebagai game indie, tetapi game pada umumnya. Mulai dari mengepakkan sayap pertama kalinya hingga meledak di pasaran dan menjadi yang teratas. Game ini juga di desain sedemikian rupa untuk mendapatkan pengalaman bermain dan kemampuan pemain untuk bereksperimen, menjelajah, hingga merubah aura dunia minecraft ke level lain, use your brain!

2. Stardew Valley

Stardew Valley
Sumber: stardew valley
  • Port: PlayStation 4, Xbox One, PC, Nintendo Switch
  • Tahun Rilis: 2016

Kalian yang rindu masa Harvest Moon menemani masa kecilmu pasti akan cocok dengan game ini. Kesalahan Natsume yang tidak pernah menginjakkan kakinya di PC. Kini Stardew Valley menjadi primadona para gamer. Bekerja keras untuk menghidupkan tanah pertanianmu, membangun kandang ayam, sapi, berkomunikasi dengan penduduk setempat, dan event – event yang setiap bulan diadakan. Benar – benar kental dengan aroma Harvest Moon.

3. Threes

Threes
Sumber: Youtube img
  • Port: Android, iOS
  • Tahun Rilis: 2014

Menjadi salah satu mobile game sederhana yang paling elegan di tahunnya, Asher Vollmer sang developer Threes merupakan kontributor terbesar untuk game rumahan bergenre top-notch, dengan desain yang ekonomis banget. Bisa ditebak dari judulnya, game ini mengambil topik permainan angka. Geser angka yang serupa, dan kombinasikan agar menjadi angka yang berlipat – lipat. Jangan sampat setiap ruang kosong terisi.

4. Undertale

Undertale
Sumber: keengamer
  • Port: PC
  • Tahun Rilis: 2015

Tak ada tujuan tertentu yang harus dicapai, namun Undertale merupakan game termanis yang pernah dibuat. Kamu tersesat ke dalam dunia para monster, dan kamu mempunyai opsi untuk bertarung atau berteman dengan banyak jenis monster yang bisa kamu temukan disana. Merupakan salah satu game role-playing yang langka di mana kamu bisa menjadi seorang yang cinta damai. Tapi jangan terkecoh: selama perjalanan kamu harus bertahan hidup dari mini games tingkat dewa. Tak selalu mudah menjadi warga yang baik, wkwk.

5. Super Meat Boy

Super Meat Boy
Sumber: Super Meat Boy
  • Port: PlayStation 4, PlayStation Vita, Xbox 360, Wii U, Android, PC
  • Tahun Rilis: 2010

Super Meat Boy memiliki prolog yang hampir sama dengan legenda game indie lainnya, Game Flash yang sepertinya tidak memiliki banyak hype. Namun penjualan game ini sontak mengejutkan di kedua port console dan PC, dan sekarang game ini menjadi game indie tersukses dan memiliki kisah tersendiri.

6. FTL: Faster Than Light

FTL: Faster Than Light
Sumber: Steam Store
  • Port: PC, iOS
  • Tahun Rilis: 2012

Game yang bertopik management namun dalam sebuah pesawat ulang alik FTL: Faster than Light. Tak bisa disandingkan dengan game yang bergenre sama dengan lainnya, game ini memaksa para pemain untuk bertahan hidup dengan perubahan aura setiap levelnya. Pada dasarnya game ini membuat para karakter yang mati tak akan hidup lagi, dan berbagai modul pesawat yang berbeda untuk di urus, seperti PMI dan para pilot, dan FTL soars. Sedikit clue jangan pernah salah menamakan para crew dengan orang – orang yang dekat dengan mu. Jika mereka mati, mereka tak akan kembali / respawn, dan kamu akan merasakan kereta kesengsaraan menantimu.

7. Fez

Fez
Sumber: Steam Store
  • Port: PlayStation 4, PlayStation 3, PlaStation Vita, Xbox 360, PC, iOS
  • Tahun Rilis: 2012

Fez mungkin game indie yang mengambil tipe klasik. Dari latar dan karakter yang lucu, desain latar 8-bit yang berestetika (yang mana menggabungkan manipulasi 2D/3D dan merusak hukum alam), Fez merupakan pencapaian yang besar. Sebulan sebelum perilisannya, para gamer membicarakannya di sosial media dan melalui email mengancam akan memecahkan kode yang tersemat di game ini, karena beranggap game ini merupakan game teka teki yang dikhususkan untuk gamer ber-IQ tinggi. Namun yang terjadi bukannya game yang susah, game ini sangat seru dan ramah lingkungan, Game ini dapat dimainkan oleh berbagai umur.

8. Limbo

Limbo
Sumber: Steam Store
  • Port: PlayStation 4, PlayStation 3, PlayStation Vita, Xbox One, Xbox 360, iOS, Android, PC
  • Tahun Rilis: 2010

Game ini sangat simpel, hanya dengan kontrol penggerak dan interaksi yang sederhana, namun pandangan kuat dan suasana yang misterius secara instan membuat spekulasi tiada akhir. Anak kecil yang terbangun di hutan monokhromatik yang suram, tujuan game ini menyuruhmu untuk mencari saudara perempuan dari anak kecil ini dan keluar dari suasana kegelapan yang suram ini. Selama perjalanan, kamu akan bertemu dengan banyak kematian yang mengerikan, memanfaatkan mode puzzle-solving developer menamakannya “trial and death”, namun perjalanan ini menghidupkan sisi frustasi yang lumayan mengganggu, disitulah sisi pengalaman yang akan kamu dapatkan.

9. The Witness

The Witness
Sumber: Steam Store
  • Port: PlayStation 4, Xbox One, PC, iOS, Android
  • Tahun Rilis: 2016

The Witness merupakan game yang mengambil sisi keseriusan secara totalitas, namun juga merupakan salah satu game puzzle yang paling brilian yang pernah dibuat. Kompleksitas yang berlanjut dan kesederhanaannya dalam konsep ini membuat game ini mendapatkan prestasi yang hebat dalam pengembangan game.

10. To The Moon

To The Moon
Sumber: CorenB – DeviantArt
  • Port: PC
  • Tahun Rilis: 2011

Game ini mengambil tipe point-and-click, terlihat seperti game klasik RPG SNES, dan denger – denger salah satu cerita tertragis dan terindah dalam sejarah game. Bercerita tentang seorang paruh baya Johnny dan kedua dokter, Rosalene dan Watts, akan membuatmu tersedak dalam tangisanmu, ok stop, no more question, just play it.

Jadi gimana menurut kalian, setuju dengan list yang LeJen berikan? Beri pendapatmu di kolom komentar jika ada game indie yang cocok masuk kedalam game indie terbaik sepanjang masa.