Hajime Tabata Hengkang, 3 Dari 4 DLC Final Fantasy 15 Dibatalkan!

Hajime Tabata Final Fantasy XV

Pengumuman tak terduga terjadi hari ini, Square Enix mengumumkan pembatalan tiga dari empat episode Final Fantasy XV yang sudah direncanakan. Tak hanya itu, sang sutradara, Hajime Tabata hengkang dari Square Enix. Tabata meninggalkan perusahaan tersebut tepat pada 31 Oktober kemarin.

Pembatalan episode DLC Final Fantasy termasuk Aranea, Lunafreye, dan Noctis. Sedangkan DLC keemopat, Ardyn, masih dalam pengerjaan, dan dijadwalkan m eluncur pada Maret 2019.

Expansion Pack sendiri dikerjakan oleh Luminous, sebuah studio internal milik Square Enix. Namun, studio tersebut akan fokus pada game AAA terbaru, walauopun belum ada pengumuman lebih lanjut. Dalam laporan keuangan, Square Enix mengumumkan perubahan besar terjadi pada Luminous yang berakhir dengan “kerugian yang luar biasa” berada di posisi $33 juta atau sekitar Rp479 miliar. Sampai sekarang, entah apa yang membuat mereka kehilangan begitu banyak, namun sepertinya berpengaruh dengan dibatalkannya DLC tersebut.

Baca juga:  Tips & Trick menghadapi Steam Summer Sale 2017

Dalam pengumuman pengunduran dirinya, Tabata mengatakan, “Aku sejujurnya percaya alasan kita bisa berada sejauh ini karena loyalitas para penggemar. Aku berterima kasih dari lubuk hati yang terdalam.”

Alasan Hajime Tabata Hengkang

Tentang apa yang akan dilakukannya sekarang, Tabata mengatakan akan memulai perusahaannya sendiri. “Aku memiliki proyek yang benar-benar serius sebagai tantangan baru setelah FFXV. Oleh karena itu, Aku memutuskan untuk meninggalkan posisiku yang sekarang dan memulai bisnisku sendiri guna mencapai impianku,” ungkapnya.

“Mulai hari ini, Aku akan menyemangati dan mendukung Square Enix dan Luminous Productions bersama kalian para penggemarnya. Aku berterima kasih pada semua yang masih mendukung FFXV dan diriku secara pribadi,” tambah Tabata.

Juga, selama pengumuman tersebut, Square Enix mengumumkan Final Fantasy XV Comrade multiplayer akan di rilis sebagai game standalone, yang berarti kamu tak butuh memiliki base game untuk memainkannya. Di dalamnya akan ada 10 bos baru, dan juga kostum serta senjata baru di game tersebut.

Baca juga:  5 Hal Penting untuk Pemain Granblue Fantasy Pemula Ketahui

FFXV: Multiplayer Comrades akan rilis pada 13 Desember. Jadi, buat kamu yang telah membeli ekspansi Comrades akan mendapatkan edisi standalone secara gratis.

Dan selama presentasi tersebut, Square Enix menambahkan pengumuman cross-promotion dengan Final Fantasy XIV Online. Sebuah event bertajuk “Adventurer From Another World” yang akan tersedia di Final Fantasy XV untuk PS4, Xbox One, dan PC dimulai pada 12 Desember.

Pengumuman lainnya anime chibi yang berjudul Final Fantasy XV Episode Prologue akan segera meluncur. Teaser-nya akan di rilis pada 15 Desember, dan yang kedua pada 10 Januari mendatang.