Cara Unlock Bootloader Xiaomi Dengan Mudah dan Legal

Cover Unlock Bootloader Xiaomi

Pada tutorial kali ini, LeJen akan memberikan tips dan trik cara Unlock Bootloader Xiaomi menggunakan Mi flash tool yang tentu saja official milik Xiaomi.

Xiaomi bisa dikatakan developer hijau yang meraih kesuksesan dengan cepat. Setelah sukses besar dengan peluncuran Xiaomi Redmi Note 3. Mereka kemudian meluaskan pangsa pasar secara global dengan produk yang inovatif dan termutakhir.

Smartphone milik Xiaomi sangat populer di penjuru dunia karena spesifikasi, performa, dan kualitas serta harganya yang terjangkau. Juga, salah satu alasan utamanya karena popularitas MIUI OS yang sangat mudah untuk di kostumasi dan user-friendly.

Karena berbagai alasan keamanan, perangkat Xiaomi hadir dengan bootloader yang terkunci. Hingga akhir ini, semua perangkat xiaomi akan hadir dengan bootloader yang terkunci

Dan cara untuk membuka bootloader yang terkunci, Kamu harus mengikuti beberapa langkah dengan ijin Xiaomi (lol). Kita harus membuat izin dulu untuk membuka bootloader, setelah izin disetujui kita bisa membuka bootloader menggunakan Mi Flash Unlock Tool.

Dan juga jangan khawatir tentang virus, Xiaomi mengembangkan sendiri aplikasi pembuka Bootloader ini.

Kenapa Xiaomi mengunci Bootloader-nya?

Pasti sebuah pertanyaan mainstream di benak kita. Kenapa Xiaomi melakukannya? Mereka menguncinya karena hal keamanan. Mereka ingin memastikan keamanan perangkat jika di kemudian hari hilang atau di curi seseorang.

Dengan bootloader yang terkunci, mereka pun tidak dapat melakukan flash custom ROM perangkat kamu. Bahkan dia tak dapat melakukan factory data reset. Karena hal ini, Xiaomi mengunci bootloader mereka untuk generasi smartphone selanjutnya.

Apa itu Bootloader Unlocking?

Merupakan sebuah proses untuk membuka bootloader yang mana kamu dapat merubah fitur perangkat Android kamu. Dengan unlock bootloader kamu, kamu dapat melakukan flash custom ROMs, Menginstal Custom Recovery atau mendapatkan akses untuk root, dan lain lain.

Untuk perangkat Xiaomi kamu dapat unlock bootloader melalui Mi Flash Unlock Toolkit. Proses ini 100% berhasil untuk perangkat Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Mi 4C, Mi Note Pro, Mi 4S, Mi 5, Redmi 3, Xiaomi Mi 5C dan Smartphone yang lainnya.

Bagi kamu yang udah membulatkan tekat untuk unlock bootloader, kamu bisa mengikuti langkah langkah di bawah ini.

Catatan penting!

  • Dengan unlock bootloader, kamu akan kehilangan garansi.
  • LeJen gak akan tanggung jawab semisal ada kerusakan tertentu yak.
  • Cara ini hanya untuk Smartphone Xiaomi. Jangan mencoba cara ini dengan merek Smartphone lain.

Hal – hal yang perlu kamu siapkan:

  1. Pastikan kamu sudah mem-backup menyeluruh perangkat kamu untuk mencegah hilangnya data dalam proses unlock.
  2. Jangan lupa Instal Xiaomi USB Drivers di komputer kamu, di link tersebut ada beberapa list perangkat, sesuaikan dengan smartphone kamu yak.
  3. Enable USB Debugging Smartphone Xiaomi kamu.
  4. Juga, pastikan kamu berada di Official MIUI ROM untuk proses unlocking.

Cara Unlock Bootloader untuk Smartphone Xiaomi

Untuk proses unlock bootloader terbagi atas dua langkah. Pertama kamu haru meminta akses untuk unlock dan kemudian proses unlock bootloader melalui fastboot mode.

1Meminta Akses untuk Unlock Bootloader

Login dengan akun Mi kamu, jika belum punya, kamu bisa daftar baru.

Langkah pertama, buka URL berikut untuk meminta akses unlock. Pergi ke Unlock Request page. Kemudian klik Unlcok Now.

Unlock Xiaomi Bootloader
Klik Unlock Now

Pada halaman selanjutnya, kamu harus log in dengan akun Mi kamu. Jika kamu tidak memiliki akun Mi, ya buat lah tong cuman pastikan kamu log in dengan akun yang sama dengan perangkat dan Mi Flash Unlock Tool.

Setelah Sign, kamu harus mengisi beberapa form dengan alasan yang masuk akal untuk unlock perangkat kamu. Kamu bisa merangkai beberapa alasan, contoh bisa liat di bawah.

  • My Device is stuck at Logo.
  • My Xiaomi Phone is rebooting again & again.
  • You can choose any other reason

Setelah mengisi form, pada halaman selanjutnya, kamu harus menyelesaikan verifikasi mobile. Masukkan kode yang kamu terima dari perangkat smartphone kamu dan klik Next. Jika kamu tidak menerima kode apapun, coba klik tombol Resend.

Unlock application permissions
Masukkan kode yang di terima perangkat kamu, jika tidak menerima kode, coba klik tombol resend

Setelah menyelesaikan Verifikasi Mobile, kamu akan diarahkan ke halaman yang menampilkan “Application has been successfully submitted, please be patient review.”

Yang harus kamu lakukan hanya menunggu beberapa hari, persetujuan akan di kirim melalui SMS. Kemungkinan tahap ini akan membutuhkan waktu lebih dari 10 hari, jadi sabar ea gan.

2Proses Unlock Bootloader dengan Mi Flash Unlock Tool

Setelah tersambung dalam mode fastboot, klik tombol unlock

Hal hal yang perlu di lengkapi:

  • Pertama kamu tentu harus memiliki Mi Flash Unlock Tool.
  • Pastikan USB debugging dalam posisi enabled dalam perangkat kamu. Jika belum aktifkan melalui Settings > About Phone klik pada MIUI Version 7-8 kali, lagi pergi ke Settings > More Settings > Developer Options enable USB Debugging. Juga, enable OEM Unlock.
  • Instal USB Driver yang sesuai dengan perangkat Xiaomi-mu. Download disini.
  • Backup data kamu.
  • Log in deh, pake akun Mi ya, bukan Facebook.

Langkah-langkah unlock bootloader:

Unduh dan Ekstrak Mi Flash Unclok Tool di komputer kamu. Setelah itu jalankan program ini.

Mi Flash Unlock
Perhatikan judul dan logo-nya ya.

Setelah kamu jalankan program, akan muncul jendela baru meminta untuk menyetujui Disclaimer (ketentuan berlaku, baca ea). Klik pada tombol Agree untuk melanjutkan.

Disclaimer Xiaomi
Di baca ea gans.

Sekarang kamu harus masuk ke akun Mi kamu melalui tool ini. Jangan lupa akun yang bakal kamu log in harus sama dengan perangkat yang ingin kamu unlock.

Setelah berhasil log in, Akan muncul tampilan yang memberi tahu “Not connected to the phone”. Langkah selanjutnya, kamu harus menyambungkan smartphone Xiaomi kamu ke komputer/laptop untuk melanjutkan proses.

Sambungkan perangkat
Setelah login berhasil, akan muncul tampilan berikut

Sambungkan perangkat kamu dengan USB ke PC dalam mode fastboot. Untuk menyambungkan perangkat dengan mode fastboot, Matikan perangkat kamu dan tekan tombol Power + Volume bawah untuk boot di mode fastboot.

Klik tombol Unlock pada Mi Flash Unlock Tool. Proses unlocking akan di mulai.

Proses ini akan memakan waktu 2-3 menit untuk unlock bootloader di perangkat kamu. Kamu akan melihat pesan sukses pada aplikasi setelah berhasil unlock perangkat.

Pesan sukses setelah berhasil unlock perangkat
Pesan sukses setelah berhasil unlock perangkat.