Memasuki tahun baru tentunya kita harus punya resolusi bukan? mulai dari lifestyle bahkan sampai ke gadget. Untuk orang-orang yang banyak menghabiskan waktunya di depan komputer, tentunya harus memiliki gadget yang mumpuni serta yang bikin nyaman.

Terutama bagi gamer nih, pasti harus update dong segala keperluan bermainnya. Ya mungkin mouseheadset atau bisa jadi keyboard yang paling sering di gonta-ganti. Nah biasanya pilihan gadget yang ada yaitu wired atau wireless.

Sebagai gamers pastinya ga mau salah pilih dong ya. Bingung mau pilih yang mana? Yuk kita simak Wired vs Wireless, siapa yang terbaik?

1Wired

Kalau dengan yang satu ini pasti kita memang sudah tidak asing, semua barang elektronik yang kita pakai saat ini pasti kebanyakan memakai wired. Dan berikut ini merupakan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh gadget wired.

1. Stabil

Karena adanya kabel yang menghubungkan dari gadget yang kita miliki dengan laptop/komputer maka koneksi yang dihasilkan akan stabil dan hanya menghasilkan sedikit saja delay input yang bahkan bisa dibilang dapat diabaikan.

2. Cepat

Untuk yang satu ini kita tidak perlu meragukan lagi, kita hanya tinggal mencolokkan kabel yang tersedia dan hanya menunggu beberapa detik gadget kita sudah bisa langsung digunakan.

3. Durable

Yap, gadget dengan menggunakan wired memang terkenal dengan “tahan banting”. Umur pemakaian mereka cukup lama bisa-bisa mencapai 4-5 tahun. Jadinya kita tak perlu menyiapkan budget tambahan untuk menggati gadget kita dalam waktu yang dekat.

Baca juga:  Inilah Aplikasi Android Terbaik di Tahun 2018!

4. Harga

Ya bisa di bilang untuk masalah harga wired gadget bisanya dibanderol dengan harga yang terjangkau.

2Wireless

Nah untuk gadget yang wireless mempunyai daya tarik sendirinya nih. Yuk kita lihat apa saja sih keunggulan dari wireless gadget.

1. Bersih

Yap, gadget seperti mouse dan headset akan terlihat bersih dan rapi. Hal ini bisa terlihat dari tidak adanya kabel yang menjutai kesana kemari. Meskipun kita sudah memakai cable management yang gimanapun pasti akan kalah bersihnya dengan yang wireless.

2. Fleksibel

Tak bisa di pungkiri lagi keunggulan utama dari wireless adalah fleksibilitasnya. Kita bisa dengan bebas leluasa menggerakan kepala dan tangan tanpa adanya gangguan kabel. Bahkan kita bisa berkeliaran ke sekeliling rumah kita dan masih bisa memakainya.

3. Bulky

Untuk sebagian orang, adanya penambahan beban pada gadget mereka seperti mouse lebih disukai karena dapat meningkatkan akurasi bermain mereka.

Terus Apa Saja Downside Dari Masing-Masing?

Untuk wired kita tahu pastinya bakalan membuat kita harus lebih kreatif dalam cable management. Karena kalau tidak desktop kita pasti akan terlihat rusuh dan berantakan. Selain itu juga kita akan terbatasi gerak-geriknya karena kabel yang bergelantungan atau bahkan gagal dalam flick shot karena kabel nyangkut. Duh ga banget ya.

Baca juga:  Intip Xbox Watch yang Tak Akan Pernah Rilis

Nah kalau wireless pasti ada yang namanya lag input tapi untuk gadget sekarang biasanya lag input tidak masalah karena seiring berkembangnya teknologi bisa mengurangi lag input yang ada. Dan tidak selamanya wireless itu tidak berkabel, justru gadget wireless memiliki banyak dongle seperti penerima sinyal, kabel untuk men-charge dan bahkan biasanya ada kabel yang dibuat untuk menjadikan gadget kita menjadi wired.

Tidak hanya itu, kita juga pasti dihadapkan dengan adanya pemakaian baterai yang perlu diganti atau di charge ulang agar kita bisa memakai fitur wireless nya. Dan terakhir, harga yang di banderol biasanya akan lebih mahal dan bisa bisa mencapai dua kali lipat dari harga yang wired.

Kesimpulan

Bagi kalian yang menjadikan game sebagai kompetitif sangat disarankan untuk memakai wired untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena bisa saja di tengah permainan gadget kita mengalami low battery issue.

Untuk cassual bisa menggunakan wireless atau wired tergantung kebutuhan serta budget. Kalau ingin mempunyai setup desktop yang bersih silahkan memakai wireless tapi kalau budget pas-pasan ya mau tidak mau ambil wired.

Intinya, teknologi wireless akan semakin berkembang dan bisa jadi akan menyeimbangi teknologi wired. Dan mungkin di masa depan akan banyak lagi gadget yang serba wireless.

Nah, gimana menurut kalian? Wired atau wireless? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar.