Jadikan HP Kamu Sebagai Kamera Pengawas dengan Aplikasi Ini

Pengawasan

Pengawasan adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk mengetahui apa saja yang terjadi di suatu tempat. Pada zaman sebelum adanya teknologi proses pengawasan dilakukan oleh manusia secara langsung. Namun pada zaman sekarang kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada, teknologi yang biasa digunakan adalah CCTV (Closed-Circuit Television). Bagi kalian yang tidak memiliki CCTV atau ingin mencoba melakukan pengawasan di suatu lokasi, make artikel ini sangat bagus untuk kalian baca.

Beberapa waktu lalu, penyelidik NSA (National Security Agency), Edward Snowden, merilis sebuah aplikasi mobile android yang mampu membuat sebuah perangkat android menjadi perangkat keamanan berkemampuan tinggi dan bertujuan untuk membuat penggunanya memiliki sebuah perangkat multi fungsi yang juga sangat bermanfaat dalam hal keamanan.

Aplikasi Haven

Aplikasi ini bernama Haven. Edward Snowden melakukan proses pengembangan Haven dengan Freedom of the Press Foundation and Guardian Project. Fungsi utama dari aplikasi Haven adalah membuat sebuah HP menjadi kamera pengawas dengan menggunakan kamera pada HP tersebut. Pengguna juga bisa menentukan akan menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang. Tidak hanya memanfaatkan kamera pada HP, Haven juga berkemampuan untuk merekam audio atau suara sekitar dan memanfaatkan accelerometer sensor pada HP, yaitu sensor yang berfungsi untuk mendeteksi gerakan. Kombinasi ini juga yang membuat Haven mampu memberi tahu pengguna jika ada tamu atau penyusup yang ada di sekitar.

Pada awal peluncurannya, Haven hanya ditujukan untuk membantu investigasi dan hal lain yang beresiko besar. Namun sekarang kita sudah bisa menggunakan aplikasi open source ini dimanapun dan kapanpun kita mau. Aplikasi ini juga mampu bekerja seperti sistem keamanan rumah cerdas lainnya. Hal ini dapat disesuaikan untuk mendeteksi dan menjaga suatu hal dari ancaman keamanan yang bisa saja terjadi. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai beberapa fitur yang sangat berguna, contohnya fitur untuk mengakses log aktivitas aplikasi Haven pada HP kita dari jarak jauh. Dan aplikasi ini juga mampu mengirimkan pemberitahuan mengenai proses pengawasan yang akan dikirim ke WhatsApp, Gmail, atau SMS.

“Bayangkan jika Anda memiliki anjing penjaga yang bisa Anda bawa ke kamar hotel Anda dan tinggalkan di kamar Anda saat Anda tidak berada di sana. Dan itu benar-benar cerdas, dan menyaksikan semua yang terjadi dan menciptakan catatan tentang kejadian yang terjadi”, kata Snowden kepada Wired melalui telepon terenkripsi. “Ide sebenarnya adalah menetapkan bahwa ruang fisik di sekitar Anda bisa dipercaya”. Aplikasi ini open source dan tersedia di Github. Jika Anda tidak mempercayainya, Anda bisa membaca kodenya dan mengkompilasinya sendiri.