Tekken 7 vs Injustice 2 : Which is better?

Minor Spoiler Alert!

Lumayan kan editannya? Hehe..

Bulan juni baru saja tiba, dan Injustice 2 sudah ditantang dengan kedatangan game fighting terbaru dari franchise ternama — Tekken 7!

Dengan kedatangan dua game fighting yang besar dalam waktu yang berdekatan, dompet gamer mungkin dibuat menangis karena kebingungan  memilih game mana yang akan dibeli.

Mungkin Injustice 2 (88%) mendapat review yang lebih bagus di metacritic dibanding dengan Tekken 7 (83%) Tapi apakah kita dapat mengandalkan metacritic dan hanya dengan melihat angka saja?

Lepasjenuh akan membantu anda untuk memilih game yang cocok bagi selera dan dompet anda!

Story

Mari kita mulai dari aspek story. Pada umumnya story adalah hal utama yang dilihat oleh gamer ketika mereka akan membeli sebuah game. Tapi sayangnya (untungnya) Kedua game ini memiliki story yang sangat solid dan menarik.

Di Injustice 2 (Spoiler Alert!) Diceritakan bahwa Superman telah membunuh Joker dan di penjarakan oleh Batman. Setelah kejadian ini terjadi ada sebuah “makhluk” yang mengancam bumi, Batman dan Superman pun harus bekerja sama dan mengesampingkan urusan mereka untuk menyelamatkan bumi. Cerita di Injustice 2 memberikan Gamer pilihan untuk bermain sebagai siapa dan pada akhirnya memilih untuk berada di pihak siapa.

Sementara itu di Tekken 7, gamer akan diberikan cerita yang lebih dalam dan detail mengenai keluarga Mishima, pertanyaan-pertanyaan fans yang sudah lama memainkan franchise ini juga akan terjawab di dalam Tekken 7. Game ini akan menceritakan masa lalu Heihachi dan Kazuya dan darimana asalnya Devil Gene. This is by far, The most serious Tekken story and one of the best!

Tidak seperti Injustice, di dalamn main story Tekken 7, gamer tidak diberikan option untuk bermain sebagai “siapa”, kita hanya bermain sebagai Heihachi dan beberapa karakter lainnya.

Gameplay

Meskipun mereka berdua memiliki genre yang sama, Tekken 7 dan Injustice 2 sangatlah berbeda!

Jika anda belum pernah bermain Tekken, kontrol di Tekken 7 berbeda dengan Injustice 2 dan seri Tekken lainnya. Bandai Namco tidak lagi menggunakan control yang simple sama seperti seri sebelumnya. Tiap karakter memiliki kontrol nya sendiri dan terasa berbeda saat dimainkan. Disamping kontrol, “arena bermain” di Tekken 7 berbeda dengan Injustice 2, di Tekken 7 arena pertarungannya dalam bentuk 3D. Bentuk arena ini menambah level of detail kedalam game ini walaupun mungkin akan lebih rumit bagi player baru.

Tidak seperti Tekken, Injustice 2 lebih mudah untuk dipelajari. Kontrol nya mengikuti format Street Fighter dan Mortal Kombat, selama bertarung juga lebih simple karena arena nya dalam bentuk 2D. Bagi yang belum pernah bermain game fighting, Arena 2D akan lebih simple di banding Arena 3D. Tetapi, walaupun kontrol Injustice 2 lebih mudah, bukan berarti anda langsung bisa ahli dalam memainkannya, masih banyak mekanik dan taktik yang harus dipelajari.

Character Customization

Kedua game memang memiliki feature customization, tetapi Injustice 2 memiliki sisi RPG dalam customization nya. Karakter di Injustice 2 dapat level up dan mendapatkan gear. Gear ini dapat mengubah tampilan dan stats karakter. Beberapa gear bahkan bisa mengubah animasi ketika bertarung. Sisi RPG ini memberikan gamer pilihan yang lebih banyak dibandingkan dengan Tekken 7.

Sementara itu, di Tekken 7 opsi customization hanya mengubah tampilan dari karakter. Tetapi dengan adanya “items”, player dapat menggunakan item untuk menyerang musuh. Player juga dapat meng-customize life bar dan player card nya.

Kesimpulannya – Tekken 7 vs Injustice 2

At the end of the day, perbedaan utama dari kedua game ini adalah di bagian story, dengan Injustice 2 yang memberikan player lebih banyak ruang untuk memilih, dan Tekken 7 yang menjelaskan lebih dalam ke masa lalu dari karakternya.

Dalam bagian kontrol, Tekken jauh lebih susah untuk dipelajari dibandingkan dengan Injustice 2, but once you’ve master it, all your effort akan terasa worth it dengan gameplay dan reward yang diberikan oleh Tekken. On the other hand, Injustice 2 adalah tipe game yang “easy to learn hard to master” disamping itu Injustice 2 juga punya bumbu-bumbu RPG untuk gear nya.

Kesimpulannya.. Game manakah yang harus gamer pilih? Sebenernya semua bergantung kepada selera anda, no matter which one you buy, gamer akan mendapatkan game yang sama bagusnya.