DC Rilis Trailer Superhero Baru, Siapa Shazam Sebenarnya?

Shazam

Ada ketika dimana Shazam (alias Captain Marvel) merupakan superhero yang paling populer di dunia. Dan mungkin masa itu akan datang lagi, dengan kehadiran film Shazam yang dibintangi oleh Zachary Levi sebagai manusia terkuat di dunia.

Namun siapa sebenarnya pahlawan yang bersumber dari kekuatan magis ini? LeJen mungkin bisa menjawab sedikit banyak pertanyaan kamu tentang Shazam. Sebelum itu, hey DC elitist, do you mind if  we hop the hype train too, yes?

Penjelasan tentang Shazam: Dasarnya dulu ya

Shazam merupakan bukti bahwa bisnis superhero tak harus diperankan oleh para orang dewasa. Bocah yatim piatu bernama Billy Batson menjadi perhatian penyihir hebat yang menua. Billy kemudian diberi kekuatan super dan memberinya tugas untuk menjaga batu Eternity (sebuah tempat di ruang waktu nexus). Kapanpun saat Billy mengucapkan “Shazam!”, dia akan berubah menjadi pahlawan yang bahkan kekuatannya bisa menandingi Superman.

Shazam and Sidekick

Sejak kejadian itu, Billy hidup dengan dua kehidupan. Suatu waktu dia adalah anak asuh, dan lain harinya dia terbang ke arah langit dan bertarung dengan para penjahat seperti Dr. Sivana atau musuh bebuyutan-nya, Black Adam.

Kekuatan dan Kemampuan Shazam

Nama Shazam didasarkan pada enam figur mitologi yang terdapat pada kekuatannya. Dia dianugerahi kebijaksanaan Solomon, kekuatan dari Hercules (bukan preman pasar), stamina dari Atlas, kuasa dari Zeus, keberanian dari Achilles dan kecepatan dari Mercury. Nyatanya, membuat Shazam sangat mirip dengan Superman yang termasuk kekuatan super, kebal dan dapat terbang. Dia juga memiliki kekuatan magis, termasuk kuasa untuk membuat petir dan menyelesaikan berbagai kode dan teka teki yang rumit dalam satu kedipan mata. Pada dasarnya, Shazam merupakan seseorang yang tak dapat dihentikan kecuali musuhnya memiliki cara untuk membuat Shazam berubah kembali menjadi bocah.

Shazam juga memiliki kuasa untuk memberikan sebagian porsi kekuatannya ke orang lain. Yang juga terjadi pada Mary Marvel (saudari Billy yang telah lama menghilang) dan Captain Marvel Jr. (sahabatnya, Freddy Freeman).

Asal mula kehadiran Shazam (Origin)

Shazam Whiz ComicKetika Superman pertama kali muncul pada 1939 di Action Comics #1, membuat para publisher ingin meniru dan membuat karakter pahlawannya sendiri. Shazam (dulu dikenal sebagai Captain Marvel) dibuat oleh CC Parker dan Bill Peck untuk publisher Fawcett Comics. Dia memulai debutnya pada 1940 di Whiz Comics #1 dan dengan cepat tumbuh menjadi satu satunya peniru Superman yang paling populer di era-nya.

Popularitas Captain Marvel bahkan melampaui Superman pada sebagian besar di tahun 1940. Semua itu karena statusnya sebagai bocah yang bisa berubah menjadi pahlawan dewasa (bukan kearah sana ya) membuatnya cocok untuk para pembaca muda. Captain Marvel bahkan mempengaruhi pop culture, dengan Elvis Presley yang diberitakan meniru kostumnya.

Sayangnya, Captain Marvel kemudian dihantui masalah hukum sepanjang abad ke-20. DC menuntut Fawcett atas pelanggaran hak cipta, dan Fawcett kemudian mengistirahatkan karakter ini di 1953 dengan kesepakatan mereka tak akan pernah membuat komik tentang Captain Marvel lagi.

Ironisnya, bahwa DC lah yang kembali menghidupkan franchise Captain Marvel di tahun 70an dengan lisensi karakter dari Fawcett dan merilis cerita baru. Sayangnya, mereka menghadapi masalah hukum baru, Marvel Comics tak begitu senang dengan perusahaan lain yang merilis serial komik dengan nama “Captain Marvel.” solusi yang didapatkan DC untuk tetap mempertahankan cerita Captain Marvel namun merubah nama karakternya menjadi Shazam, yang didapatkan dari penyihir bernama Shazam.

Shazam Movie 2018

Film Shazam akan hadir pada 5 April 2019 disutradarai langsung oleh David Sandberg (Lights Out). Dibintangi oleh Zachary Levi sebagai Shazam dan Asher Angel sebagai Billy Batson, dengan Mark Strong yang akan memerankan penjahat Dr. Sivana. Djimon Hounsou akan meemerankan penyihir yang memberikan sang pahlawan kekuatannya.

Dan juga untuk Black Adam, sepertinya ia tidak akan tampil di film Shazam. Rumor yang menyebutkan Dwayne The Rock Johnson akan tetap membintangi film solonya Black Adam, namun setelah Suicide Squad 2 rilis, cukup legit huh?