Beberapa Alasan Mengapa Perangkat Laptop Kamu Lambat

Laptop Lambat

Beberapa Alasan Mengapa Perangkat Laptop Kamu Lambat! Pelajari apa yang mungkin merusak laptop kamu dan bagaimana mempercepatnya kembali. Jika laptop lama kamu mulai menunjukkan umurnya, mungkin ada sejumlah masalah yang mempengaruhi kinerjanya.

Perangkat Laptop
Perangkat Laptop

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab mengapa perangkat laptop kamu berjalan sangat lambat dan beberapa solusi untuk mengembalikannya ke masa kejayaannya.

Hard drive yang penuh sesak

Semakin banyak file dan aplikasi yang kamu kumpulkan, semakin berantakan hard drive kamu. Semakin berantakan harddisk kamu, semakin sulit bagi laptop kamu untuk mencari data yang kamu minta. Semakin sulit untuk laptop kamu untuk mencari data yang kamu minta, semakin lambat laptop kamu berjalan.

Semakin lambat laptop kamu berjalan, semakin frustrasi kamu. Semakin frustrasi kamu, semakin kamu beralih ke Google untuk mendapatkan jawaban. Semakin banyak kamu membuka Google untuk jawaban, semakin besar kemungkinan kamu mendarat di artikel ini untuk membantu kamu mempercepat laptop lambat kamu.

Jika laptop kamu sudah memiliki SSD atau kamu tidak ingin mengganti drive yang berputar, kamu masih dapat mempercepat laptop kamu dengan membersihkan hard drive, menghapus file dan aplikasi yang tidak lagi kamu perlukan.

Di laptop Windows, buka Control Panel dan klik Uninstall program . kamu cukup memilih aplikasi dari daftar dan klik Hapus instalan untuk menghapusnya dan semua file yang terkait.

Baca juga:  Cara Terbaik untuk Mempercepat Smartphone Android Kamu

Mac tidak memiliki program uninstaller, jadi kamu harus beralih ke aplikasi pihak ketiga seperti AppCleaner atau AppZapper untuk menghapus aplikasi dan semua file instalasi yang menyertainya. Menyeret aplikasi dari folder Aplikasi ke daun sampah di belakang file terkait ini.

Apakah Kapasitas RAM Berpengaruh Terhadap Kinerja Perangkat Laptop kamu?

Kekurangan RAM

Lain upgrade murah dan mudah untuk membuat ke laptop lamban adalah penambahan lebih banyak RAM. CPU laptop kamu dapat mengakses data lebih cepat dari RAM daripada hard drive atau SSD, sehingga semakin banyak RAM yang dimilikinya, semakin banyak data yang dapat disimpan di sana untuk akses cepat.

Menambahkan lebih banyak RAM sangatlah mudah untuk laptop Mac dan Windows. Bahkan, itu mungkin akan membawa kamu lebih lama untuk menemukan jenis dan jumlah RAM yang tepat untuk laptop kamu daripada yang akan membuka laptop kamu dan secara fisik menambahkan RAM dan menutup kembali laptop kamu.

Di MacOS , buka menu Apple> About This Mac dan klik tab Memory untuk melihat informasi tentang jenis memori yang digunakan Mac kamu dan jika ada slot memori gratis.

Baca juga:  Nvidia GeForce GTX 1080 Ti : Ultimate Graphic Card!

Di Windows 10 , buka Task Manager , klik tab Performance dan kemudian klik Memory . Di sini, kamu akan melihat kecepatan memori laptop kamu dan berapa banyak slot memori yang digunakan.

Memutar hard drive

Saya berbicara dari pengalaman ketika saya mengatakan pindah dari hard drive tradisional yang berputar ke hard disk solid state (SSD) adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghidupkan kembali laptop lama. Tanpa perlu mencari data di piring berputar, SSD secara inheren lebih cepat daripada hard drive mekanis.

Apa Penyebab Utama Perangkat Laptop Berjalan Sangat Lambat?

Terlalu banyak multitasking

kamu dapat mempercepat laptop kamu tanpa membukanya dan menambahkan perangkat keras baru hanya dengan meminta untuk melakukan lebih sedikit. Jika saat makan siang kamu memiliki beberapa aplikasi yang berjalan dan lusinan tab browser terbuka, maka kamu mungkin meminta laptop kamu untuk melakukan lebih dari yang dapat ditangani.

Performa Perangkat Laptop kamu akan meningkat (dan kipas pendinginnya mungkin berhenti berputar) jika kamu mengurangi multitasking. Keluar dari aplikasi yang tidak kamu gunakan dan tutup tab yang tidak perlu dibuka.