Cara Membuat Baterai Smartphone Android Bertahan Lebih Lama

Smartphone Android

Cara Membuat Baterai Smartphone Android Bertahan Lebih Lama! Baterai ponsel cerdas tidak bertahan selamanya, dan beberapa perangkat memiliki daya tahan yang sangat rendah. Layar AMOLED dan LCD serta aplikasi yang membajak daya besar ini jelas menguras baterai kamu, tetapi ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di belakang layar untuk membuat Android kamu bertahan lebih lama. Mari kita jelajahi cara meningkatkan baterai pada ponsel cerdas kamu.

Cara Kerja Baterai Android

Pertama, beberapa latar belakang: sebagian besar Smartphone Android memiliki baterai lithium-ion atau baterai lithium-polimer. Keduanya sebenarnya lithium-ion, dan dengan demikian, tidak memiliki ‘memori’, yang berarti kamu dapat mengisi daya dari tingkat apa pun kamu tidak harus sepenuhnya melepaskan pengisian daya dan kamu tidak perlu untuk mengisi daya sampai 100 persen.

Faktanya, baterai jenis ini mengalami masalah tegangan rendah, jadi sebenarnya lebih baik untuk mengisi daya secara parsial (katakanlah, dari 20 persen menjadi 90 persen) daripada mengisi penuh dan mengurasnya sepenuhnya.

Perawatan baterai selalu saja diperdebatkan, jadi untuk setiap tip yang diterima akan ada seseorang yang mengatakan tidak ada bedanya. Pakai saja saran yang berfungsi untuk kamu agar kamu dapat meningkatkan daya tahan baterai pada perangkat Android kamu.

Sayangnya, sebagian besar perangkat yang dirilis saat ini tidak memiliki baterai yang dapat dilepas. Dan sepertinya hal ini tidak akan berubah dalam waktu dekat. Meskipun sebagian besar kuantitas daya telah mendekati 3.000 mAh, tapi tetap masih perlu dioptimalkan, terutama untuk menuntut game-game terbaru di pasaran. Manfaatkan beberapa tips di bawah ini dan dapatkan manfaat maksimal dari ponsel cerdas kamu.

Baca juga:  Spesifikasi, Harga dan Tanggal Rilis Generasi Kedua AMD Ryzen Threadripper Bocor!

Bagaimana Cara MembuatĀ Baterai Smartphone Android kamu Bertahan Lama?

Wallpaper hitam dapat meningkatkan baterai

Jika ponsel kamu memiliki layar AMOLED (seperti sebagian besar perangkat Samsung), gunakan latar belakang berwarna gelap. Wallpaper hitam dapat meningkatkan masa pakai baterai karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Piksel hitam tidak menyala, sehingga semakin banyak piksel hitam yang kamu miliki, atau piksel yang lebih gelap, semakin sedikit daya yang diperlukan untuk menyalakannya.

Doze Mode

Mode tidur telah ada sejak Android Marshmallow, tetapi telah diperbaiki dengan versi Android yang lebih baru. Sebelumnya, Doze hanya akan berfungsi ketika smartphone telah diam untuk sementara waktu. Tapi sekarang, itu juga bisa berfungsi ketika sedang dipindahkan (di tas atau saku kamu saat kamu sedang bepergian, misalnya). Layar hanya perlu dimatikan untuk menjalankan fungsinya.

Matikan Asisten Google

Matikan fungsi telepon kamu dari selalu mendengarkan. Asisten Google adalah fitur yang fantastis dan sering kali sangat fungsional. Masalahnya adalah dapat menyebabkan kerusakan pada baterai kamu. Terutama jika kamu tidak benar-benar menggunakannya atau hanya menggunakannya sesekali.

Bagaimana Cara Jelajahi fitur penghemat baterai di Smartphone Android kamu?

Penghemat baterai

Semua ROM, apakah bawaan Android, UI OEM seperti TouchWiz, atau ROM khusus seperti LineageOS, memiliki berbagai pengaturan di menu untuk membantu menghemat atau mengoptimalkan konsumsi baterai. Sebagian besar, produsen, termasuk Samsung dan Huawei, memiliki mode Penghemat Daya yang dapat kamu aktifkan kapan saja. Temukan berbagai opsi ini untuk perangkat dan ROM kamu dan buat mereka berfungsi secara optimal.

Baca juga:  Bandai Namco Umumkan Game Mobile One Piece Bounty Rush

Bahkan jika ponsel kamu tidak memiliki lapisan fitur penghemat baterai seperti beberapa (atau kamu tidak ingin menonaktifkan begitu banyak fitur), setidaknya manfaatkan mode penghemat baterai dasar.

Jangan biarkan aplikasi kamu ketinggalan jaman

Terus perbarui aplikasi kamu. Ada alasan pengembang memperbarui aplikasi secara terus-menerus, dan sebagian besar waktunya untuk mengoptimasi memori atau baterai. Menjaga aplikasi kamu diperbarui juga berarti kamu memiliki pengoptimalan terbaik yang tersedia. Demikian juga, hapus aplikasi lama yang tidak lagi kamu gunakan, karena ini mungkin menjalankan proses latar belakang yang mengunyah RAM dan masa pakai baterai.

Jangan gunakan kecerahan adaptif / otomatis

Jangan gunakan kecerahan otomatis display. Ini mungkin terdengar berguna, tetapi kecerahan otomatis biasanya jauh lebih terang daripada yang kamu butuhkan. Lebih baik untuk mengatur kecerahan secara manual ke tingkat yang rendah tetapi nyaman, dan benjolan jika diperlukan. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan masa pakai baterai kamu, karena layar adalah salah satu penghisap baterai terbesar.