Nintendo Switch Joy-Con Kompatibel Dengan PC, macOS, Bahkan Android

Joy-Con Nintendo Switch kompatibel dengan device lain.
Joy-Con Nintendo Switch kompatibel dengan device lain.

Nintendo Switch Joy-Con – Jika kamu berencana untuk mengambil console Nintendo terbaru “Switch” minggu ini, kabar gembira menantimu karena controller Joy-Con juga kompatibel pada Mac, dan Windows PC, atau bahkan sistem Android. Fansite dari Perancis Nintendo Actu telah bereksperimen controller Joy-Con dengan Windows dan Android. Seorang software engineer Sam Williams menemukan controller Nintendo ini juga bisa bekerja di Operating System Mac.

Joy-Con Nintendo Switch kompatibel dengan device lain.
Nintendo Switch Joy-Con kompatibel dengan device lain.

Pada Windows PC bagian Joy-Con dapat dikoneksikan melalui Bluetooth. Namun kamu membutuhkan aplikasi semacam JoyToKey untuk setting tombol mouse dan keyboard. Alat ini bekerja dengan baik, dan pada percobaannya mereka dapat bermain Halo Wars 2 di Windows 10 PC hanya menggunakan satu Joy-Con. Tanpa menggunakan aplikasi JoyToKey, sebuah game tidak akan mendeteksi opsi tombol Joy-Con.

Baca juga:  Doom dan Wolfenstein 2 Segera Hadir di Nintendo Switch

Baca juga: Controller Nintendo Switch Compatible dengan PC

Fungsi tersebut tidak mengherankan, terutama mengingat Nintendo Wiimote bisa digunakan pada PC via bluetooth, dan Joy-Con pun memiliki identifikasi bluetooth controller yang sama. Controller terbaru besutan Microsoft “Xbox One Controller” juga bisa digunakan pada perangkat lainnya berkat bluetooth, begitu pula PlayStation 4 Controller dari Sony.

Saat ini para pakar eksperimen masih mencoba Joy-Con controller pada beberapa game Windows. Alangkah serunya jika kedua Joy-Con bisa dikombinasi untuk menambah pengalaman bermain lebih pada game Windows. Banyak aplikasi third-party yang berfungsi untuk pairing Wiimote dan asesoris semacam Kinect ke Windows PC.

Baca juga:  Beberapa Alasan Mengapa Perangkat Laptop Kamu Lambat

Nintendo Switch Release Date: 3 Maret 2017