Valve Mengungkapkan Rencananya untuk Menggantikan Steam Greenlight

Logo Steam Greenlight yang akan diganti menjadi Steam Direct.
Logo Steam Greenlight yang akan diganti menjadi Steam Direct.

Valve merasakan ketidakpuasannya dengan Steam Greenlight sekitar awal tahun 2013 lalu. Ketika Gabe Newell menjelaskan bahwa sistem “kemungkinan buruk bagi komunitas Steam.” Setahun kemudian, dia menyatakan terang – terangan tujuan untuk “membuat Greenlight menghilang, bukan karena tidak berguna, tapi karena kita sedang berevolusi.”

Tepatnya kemarin, arah evolusi itu akhirnya terungkap: sistem baru yang bernama “Steam Direct,” direncanakan akan rampung pada musim semi ini. Steam Direct memungkinkan para developer untuk mendaftarkan game mereka di Steam tanpa harus melewati proses persetujuan dahulu.

Greenlight merupakam “batu pijakan” yang membantu secara dramatis memperluas pasar penawaran Steam dengan mengurangi hambatan untuk banyak developer.

Dan juga berakhir dengan membawa pendapatan yang banyak: Valve berkata bahwa sekarang lebih dari 100 Game yang berasal dari Greenlight telah memiliki pendapatan setidaknya $1 juta untuk setiap kepala.

Kesuksesan itu memperjelas bahwa user Steam merupakan sekelompok yang bervariasi, namun juga menyorot pada masalah dengan mendapatkan game – game baru di Steam, dan menghubungkan player dengannya.

Greenlight “tak lepas dari banyak ketidakpastian didalamnya,” menurut Valve, Alden Kroll, yang berbicara pada saat interview bersama PC Gamer. “Sebagai developer Aku mendaftarkan  gameku ke Greenlight. Aku tak tahu berapa lama ini akan berlangsung hingga gameku menjadi greenlit (red. diterima). Jadi ini sangat berat bagiku sebagai developer dan kemudian berencana, ‘Well, apakah aku akan bisa merilis game ku pada tanggal X. Kemudian haruskah aku memulai menjangkau dan mempromosikannya pada komunitas, kapan aku harus mulai membicaran gameku pada pers soal game ku?’ Selama disana ada beberapa proses yang tidak bisa diprediksi, itu akan membuat developer akan lebih sulit untuk mmperkirakan langkah selanjutnya.

Penajukan Steam Greenlight yang akan menjadi Steam Direct

Interview saat menggantikan Steam Greenlight dengan Steam Direct
Interview saat menggantikan Steam Greenlight dengan Steam Direct

Meskipun perubahan seperti user review. Refund sistem yang lebih baik, dan implementasi pada Steam Curators semua mengembangkan pengalaman untuk kedua user dan developer.

Langkah selanjutnya “untuk merampungkan sistem pendaftaran baru untuk para developer yang ingin memasukkan gamenya ke Steam,” seperti yang dilansir dari Valve’s blog post.

“Pijakan baru ini, yang bernama ‘Steam Direct,’ ditargetkan akan rampung pada musim semi 2017 dan akan menggantikan Steam Greenlight,” jelas Valve. ” Kita akan meminta para developer untuk menyelesaikan pekerjaannya. Verifikasi untuk personal atau perusahaan, dan pajak dokumen hampir sama seperti proses untuk menjadi nasabah di bank. Setelah semua selesai, developer akan membayar biaya (ganti rugi) aplikasi untuk setiap judul yang ingin mereka distribusikan. Dimaksudkan untuk mengurangi ketidak tanggungjawaban para developer nakal. Bagian dari tujuan itu untuk mencegah pengajuan proyek Greenlight yang diiringi niat buruk, seperti proyek hanya untuk lucu – lucuan atau proyek dari aset curian.”

Banyaknya biaya penerbitan yang harus dibayar belum final. Developer Valve berpendapat biaya dapat diajukan antara $100 hingga $5.000 untuk setiap judul. “Ada pro dan kontra pada keduanya yang tiada akhir, jadi kami ingin mengumpulkan berbagai feedback sebelum menentukan angkanya,”

Steam Direct Release Date: Musim semi 2017

Sumber: Pcgamer.com